Organisasi
pelayanan kesehatan merupakan suatu organisasi yang aktivitas pokoknya
melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan salah satu tujuan yang
ingin dicapai adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu atau
berkualitas.
Salah satu prinsip organisasi adalah
fleksibilitas, artinya organisasi senantiasa dinamis sesuai dengan dinamika
yang ada dalam organisasi dan juga harus memperhatikan perubahan dari luar
organisasi.
Rumah
Sakit dan Puskesmas sebagai organisasi pelayanan kesehatan apabila ingin exist
dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal, perlu melakukan perubahan
secara internal.
Manajemen
kebidanan terdiri dari beberapa langkah yang berurutan, yang dimulai dengan
pengumpulan data dasar dan berakhir dengan evaluasi. Langkah-langkah tersebut
membentuk kerangka yang lengkap yang bisa diaplikasikan dalam semua
situasi. Akan tetapi, setiap langkah tersebut bias dipecah-pecah kedalam
tugas-tugas tertentu dan semuanya bervariasi sesuai dengan kondisi klien.
Pengelola
pelayanan kebidanan memiliki standar asuhan/manajemen kebidanan yang ditetapkan
sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan kepada pasien.
0 komentar:
Posting Komentar